Rabu, 16 Desember 2009

Teman-temanku Luar Biasa (Kenangan - Masa Remaja)

Masa remaja buat sebagian besar orang adalah masa yang indah…. Masa transisi…perubahan dari anak-anak menuju dewasa…. Kami menyebutnya sebagai masa inkubasi dalam sebuah proses metamorfosa kehidupan kami ketika kami dipaksa untuk mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan kehendak kami…. Ketika disekeliling kami menganggap kami adalah pemberontak atas eksistensi yang tak tertampung… kami buat suatu oposisi diseberang system yang sudah tertata rapih…. Kami berlindung atas kemampuan tak berdasar…. Kami melakukan terobosan yang melawan arus evolusi…. Bahkan kami kadang membenturkan diri kami dalam tembok ketidak tertataan yang terorganisir…. Kami lebih memilih mulia di jalur non-formal… kami nyaman dengan ketersembunyian…. Hingga suatu saat menjadi suatu ledakan BUUUMM…
Diantara kami ber-enam hanya satu orang yang lolos UMPTN
Ternyata kami bukanlah sehebat yang telah kami lakukan… ternyata kami bukanlah apa-apa… ternyata…. Hanya sebuah kegagalan dalam mengores cita-cita yang kami dapat…. Kami hanyalah sekumpulan orang yang tidak memiliki arti pada saat itu…. Mimpi kami hancur dengan sebuah keterlelapan pada tidur yang berkepanjangan….
Ternyata Ledakan itu membangunkan kami dari ranjang yang nyaman…. Segera harus kami rubah haluan bahtera ini agar tidak karam…. Kusembunyikan diri yang tak berarti… ditengah eksplorasi keangkuhan diri….
Suatu hari kami berkumpul untuk mengikrarkan sebuah perubahan diri kita untuk dapat membuktikan kepada mereka bahwa kami juga dapat berarti seperti yang lainnya…. Sejak saat itu kami lakukan hal-hal yang dapat bermanfaat untuk orang lain… Forum yang kami buat sebagai wadah curhatnya remaja hotlinenya sudah di tutup… Organisasi yang membesarkan kami dan membuat kami memiliki jaringan pelajar lain sekolah dan daerah pun sudah kita tanggalkan…. Yang ada hanyalah sebuah tanda Tanya atas keterlenaan selama waktu yang kami habiskan…. Tanah lapang tempat kami mengucurkan keringat karena olahraga atau di hokum gurupun telah sunyi… sudut kantin tempat kami diskusipun telah kami tinggalkan (walaupun masih terukir nama kami disitu- RETAK Was Here)

Sekarang…
Baru Aku sadar ditengah kesepianku…. Ternyata aku tidak sendiri…. Komitmen itu yang membuat kami sampai saat ini berdiri tegak… komitmen itu yang membuat perubahan konsistensi perencanaan hidup… komitmen itu yang membuat potongan jiwaku tetap utuh…. Merekalah yang mempersatukannya…. Ditengah kekhilafan ini ternyata kegagalan membuatku lebih hidup….(Alhamdulillah)… kegagalan masa lalu ternyata membuat aku kuat… walau pada awalnya aku tidak bisa menerimanya….(karena aku tidak pernah gagal sebelumnya)
nah... black community... apa yang bisa kita ambil dari black news berikut ini... serukah masa lalu kita untuk di tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar