Selasa, 22 Desember 2009

Hampir gak ada bedanya 'GURU' dengan 'JURU'

Kejadian ini sering saya alami atau beberapa guru yang lainnya....
setiap guru memang punya tanggung jawab membuka 'Kunci' ilmu yang ada disekitar untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat buat masa depannya nanti... berarti dekat sekali pengertian 'Guru' dengan 'Juru'. ditinjau dari makna konotasi maupun denotasi pasti tetap dekat...
jika saya jadi 'Guru Ekonomi' berarti saya harus bisa jadi 'Juru Ekonomi'...
karena tanpa contoh anak-anak m ungkin saja tidak dapat menerjemahkan pengajaran seorang guru... aplikasinya justru adalah peran 'juru' tadi...
disini kisahnya adalah lebih dekat makna 'Guru' dan 'Juru' secara harfiah...
setiap guru bukan hanya sebagai 'Guru' saja tetapi juga sebagai 'juru' termasuk saya disini... karena sering kali setiap tanggung jawab saya ini menafsirkan seperti ini secara tidak langsung...
"permisi pak, saya mau pinjam kunci lab..." seru satu anak hendak mencari tugas lewat internet (emangnya saya Office boy, kalo ada perlunya ke saya minta kunci)
"Permisi pak, saya mau pinjam kunci perpustakaan, karena punya saya ketinggalan..." seru seorang pustakawan sekolah (gak habis pikir... padahal 'kunci' itu senjata beliau)
"Permisi Pak, Internet Mati.... saya mau online.." seru salah seorang guru.. melihat suasana belajar tidak lagi sehangat dunia maya (waduh... boleh juga nih sekalian updat status...)
"Maaf Pak.. di labkom listriknya mati..." tulis salah seorang siswa lewat sms ke handphone saya (emangnya saya bagian sarana prasarana... perbaikan listrik)
"Pak, Kunci labkom ada di siapa... ?" seru seorang siswa sambil bingung (karena kemarin saya memberikan ke dia dan belum kembali ke saya lagi)
seketika itu agak kesal... marah... karena memangnya urusan saya hanya 'kunci'... kalo emang iya... berarti saya lebih dekat sebagai "JURU" di banding "GURU"... yaitu 'JURU KUNCI..."
dipikir-pikir lagi... jadi lucu aja... dan saya nikmati sebagai suasana yang sensasional..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar